5 Tips Agar Tidak Stress dengan Tugas Kuliah



Menjadi seorang mahasiswa pasti tidak luput dari banyaknya tugas yang harus dikerjakan setiap harinya. Beda dengan pelajar yang kalau tidak mengerjakan PR atau tugasnya mungkin imbasnya akan dihukum di sekolah. Tapi sangat berbeda dengan mahasiswa karena jika kamu tidak mengerjakan tugasmu maka siap-siaplah kamu akan mengulang matakuliah di tahun depan. Miris bangets kan. Sayang banget kalau kita harus mengulang matakuliah yang sama di tahun depan apalagi kalau matakuliah sangat sulit pasti nyebelin banget kan teman-teman.
Kebanyakan mahasiswa ini kalau udah ada tugas terkadang banyak yang stress. Haduh, sayang bangets !! masak Cuma gara-gara tugas kamu jadi stress, uring-uringan, marah-marah gak jelas dan gak peduli dengan sekitar. Nah, jadi kali ini saya akan berbagi tips agar kamu tidak stress dalam menghadapi tugas kuliah.

1.      Jangan Suka Menunda
Kebanyakan dari mahasiswa, mereka sangat suka sekali menunda-nunda mengerjakan tugas. Katanya masih lama kok waktunya nanti juga cepat ngelarinnya kalau udah kepepet. The Power of Kepepet selalu menjadi kata handal mereka untuk menjadi alasan dalam menunda mengerjakan tugas. Tahu gak sih teman? Menunda mengerjakan tugas merupakan hal yang dapat menyebabkan kamu stress loh. Kenapa? Karena pasti kamu akan teringat terus dengan tugasmu dan ketika waktunya udah mepet, kamu memaksakan otakmu bekerja lebih keras sehingga kamu rela begadang, tidur sedikit. Tubuh kamu akan banyak mengeluarkan energi dan otakmu juga lelah sehingga membuatmu mudah tersinggung dan jadi stress.

2.      Sharing Bersama Teman
Jadi, solusinya kalau kamu ngerjakan tugas yang sulit biasakan untuk sharing dan kerja kelompok bersama temanmu. Dengan sharing bersama temanmu, bisa menambah wawasan ilmu pengetahuanmu juga loh. Kamu bisa bertanya sama temanmu apa yang gak kamu tahu dan kamu juga bisa sharing ide dan pendapatmu. Saling bertukar informasi sehingga memudahkan menyelesaikan tugas. Selain tugasmu selesai dengan cepat, kamu dan teman-temanmu jadi jauh lebih akrab.

3.      Mengerjakan Tugas di Tempat dan Waktu yang Tepat
Tempat dan waktu dalam mengerjakan tugasmu sangat berpengaruh loh dengan stress. Kenapa? Karena jika kamu mengerjakan tugas pada tempat yang rame dan yang gak kamu suka suasananya bukannya cepat mengerjakan tugasmu tapi kamu malah semakin pusing dengan tugas dan keadaan disekitarmu. Waktu juga sangat berpengaruh loh. Waktu malam hari sekitar pukul 23.00-02.00 (Begadang) sangat tidak cocok untuk mengerjakan tugas. Karena di waktu itu otak membutuhkan istirahat tapi malah kau paksa bekerja jadinya kamu bisa stress dan mudah marah loh.
Jadi dimana tempat yang tepat? Dan kapan waktu yang tepat?. Tempat yang tepat untuk mengerjakan tugas adalah tempat favoritmu atau tempat yang kamu suka. Kalau aku sih recommended di alam bebas dan kamar. Waktu yang tepat adalah selain waktu kelelawar ya (23.00-03.00). Kalau kamu kerja sendiri bagusnya waktu pagi sebelum atau sesudah subuh, karena otak masih fresh dan segar.

4.      Jaga Pola Makan
Ini adalah point yang paling penting. Mejaga pola makan akan meningkatkan kinerja otak dan organ tubuhmu. Ditambah kalau kamu rajin makan sayuran dan buah-buahan. Selain untuk kesehatanmu, menjaga pola makan juga dapat mengurangi stress loh. Tubuh kita sudah cukup nutrisi sehingga membuat otak bekerja lebih efektif. Dan jangan lupa minum susu ya. Karena susu dapat menetralkan racun yang ada ditubuhmu.

5.      Berdoa Kepada Yang Maha Memiliki Ilmu
Hal yang paling utama sebelum dan sesudah kamu melakukan sesuatu adalah berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Tugasmu akan jauh lebih mudah kalau kamu ikhlas dalam mengerjakannya dan selalu senantiasa berdoa kepada Allah SWT.

Comments

Popular posts from this blog

MOTIVATION LETTER untuk Daftar Beasiswa Bank Indonesia

Ringkasan UU ITE No. 11 Tahun 2008